Sejarah
3Ds Max
Produk asli 3D Studio
diciptakan untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk.
Setelah 3D Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform
Windows NT, dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX." Versi ini juga
awalnya diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada
saat itu divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli produk ini di
tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi
seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi
"3ds max" (semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi
penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di
Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap
dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi "3ds Max"
(atas dan huruf kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi
"Autodesk 3ds Max".
Pengertian 3Ds Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau
hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor
3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media &
Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak
ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk
platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir
Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada
Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia
pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling
luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti
penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba
bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Tampilan Awal 3Ds Max
Tampilan Awal 3Ds Max

Metode pemodelan
Ada 5 metode pemodelan dasar:
·
Pemodelan dengan primitif
·
NURMS(subdivision surfaces)
·
Surface tool
·
NURBS
·
Pemodelan polygon
Pemodelan dengan primitif
Ini merupakan metode dasar, di
mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola,
"cone", silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang
juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan,
dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja
sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan
balon".
Mental Ray
Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk
merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D
Studio Max, selain render standar max yaitu "Default Scanline".
Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal
secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat
mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect
Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada
permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah
V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render
engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.

0 komentar:
Posting Komentar