Loading...
Rabu, 11 November 2015

Tutorial membuat game bomberman dengan game maker

Cara Membuat Game Bomberman Dengan Game Maker






Bomberman adalah game maze yang mengharuskan seorang player mencari sebuah pintu untuk bisa pindah ke level atau room selanjutnya dengan cara mencarinya di atara tembok - tembok, tembok tersebut dapat di hancurkan dengan menggunakan bom yang dimiliki si player bomberman dan juga terdapat pula musuh yang menghalangi player untuk mencari pintu.

Mungkin jika anda memliki Playstasion 1 anda pernah memainkannya. nah, pada kali ini kita akan membuat game bomberman tersebut dengan menggunakan game maker.

Sprites

1. Player

Sprites Player
Sprites Player
Untuk objek player kita nantinya kita akan membuat 4 ( empat ) buah sprites yang berbeda seperti gambar di atas. buatlah sprites dengan cara Klik Resources > Create Sprite

Buatlah  4 sprites dengan nama :

- D_right
- D_down
- D_up
- D_left

Ubah semua originnya menjadi : Center

2. Tembok

Untuk dinding - dinding dalam game buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :

Sprites Tembok
Sprites Tembok

Dengan nama :

- obstacle
- wall

3. Bomb

Untuk bomb dan ledakannya buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :

Sprites Bomb
Sprites Bomb

Buatlah  2 sprites dengan nama :

- spr_bomb
- spr_explode_1

Ubah semua originnya menjadi : Center

4. Musuh

Terakhir untuk musuhnya buatlah sprites seperti gambar di bawah.

Sprites Musuh
Sprites Musuh
Berinama beast_1 kemudian atur Originnya menjadi : center.

Objects

Sekarang kita akan membuat objek yang akan ada dalam game bomberman kita. buatlah object dengan cara Klik Resources > Create Object

1. obj_effect_1

Object Effect
Object Effect

Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut


1
2
fire_up=1
alarm[0]=15

Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut



1
instance_destroy()

2. obj_wall

Object Wall
Object Wall

Berinama obj_wall pilih sprite : wall  kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.

Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK

3. obj_obstacle

Object Obstacle
Object Obstacle

Berinama obj_obstacle pilih sprite : obstacle  kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.

4. Bomber_armor

Bomber Armor
Bomber Armor
Buat sebuah object dengan nama Bomber_armor dengan sprite : D_Right.
Kemudian tambahkan event berikut :

Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
3
4
5
6
global.hp=100
bomb=1
bom = 1;
image_speed=0
global.fire_up=1
bomb_out=1

Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
if keyboard_check(vk_up){
    y-=3
    sprite_index=D_up
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(D_up,0,x,y)
    direction=90
}
 
if keyboard_check(vk_down){
    y+=3
    sprite_index=D_down
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(D_down,0,x,y)
    direction=270
}
 
if keyboard_check(vk_left){
    x-=3
    sprite_index=D_left
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(D_left,0,x,y)
    direction=180
}
 
if keyboard_check(vk_right){
    x+=3
    sprite_index=D_right
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(D_right,0,x,y)
    direction=0
}
 
if bomb_out=1{
 
}
 
if bomb_out+1{
    repeat(bomb)
    {
        if bomb_out>1 {
            instance_count.bomb+=1
        }
    }
}

Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut


1
2
3
4
 if x <= 0 x = 0
 if x >= room_width x = room_width
 if y <= 0 y = 0
 if y >= room_height y = room_height

Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Keyboard > no key > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut


1
2
3
4
if keyboard_check(vk_nokey)
{
image_speed=0
}

Klik Add Event > Key press > space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
3
4
if bom > 0 {
instance_create(x,y,obj_bomb)
bom -= 1
}

5. obj_bomb

Object Bomb
Object Bomb

Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
image_speed=0.3
alarm[0]=30

Klik Add Event > Destroy > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
bom += 1.5

Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut


1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
if global.fire_up=1
{
instance_create(x,y,obj_effect_1)
instance_destroy()
}
 
else if global.fire_up=2
{
instance_create(x,y,obj_effect_2)
instance_destroy()
}

6. obj_beast_a

Object Musuh
Object Musuh

Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
move=floor(random(5))
image_speed=0.3

Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
alarm[0]+=1
if alarm[0]>=20{
    move=floor(random(4))
    alarm[0]=0
}
 
if move=0{
   image_speed=0.3
   image_angle=270
    y+=2
    
}
 
if move=1{
    image_speed=0.3
    image_angle=90
    y-=2
     
}
 
if move=2{
    image_speed=0.3
    image_angle=180
    x-=2
     
}
 
if move=3{
    image_speed=0.3
    image_angle=0
    x+=2
    
}
 
if move=4{
x=x
y=y
image_speed=0
}
     
if move=5{
x=x
y=y
image_speed=0
}

Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

1
2
3
4
if x <= 0 x = 0
if x >= room_width x = room_width
if y <= 0 y = 0
if y >= room_height y = room_height

Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK

Room

Room Bomberman
Room Bomberman

Buatlah sebuah room dengan cara klik Resources > Create Room. berinama room0 kemudian atur SnapX = 26 dan SnapY = 26

Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan D untuk bom.


Sumber : http://jintoples.blogspot.co.id/2014/02/cara-membuat-game-bomberman-dengan-game.html#ixzz3rB90aTWu

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP